Profil

Foto saya
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
Guru SDS Katolik Santa Maria Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Senin, 16 Mei 2011

Tips Mengajar Mata Pelajaran Seni Musik Pada Anak Usia Sekolah Dasar

Tips Mengajar Mata Pelajaran Seni Musik Pada Anak Usia Sekolah Dasar

Hal yang susah-susah gampang dalam memberikan materi yang berhubungan dengan Mata Pelajaran Seni Musik.
ini disebabkan beberapa faktor antaralain :
  1. Karakter, minat dan bakat anak didik yang berbeda-beda. hal ini sangat mendasar karena berpengaruh langsung pada kesungguhan sang anak dalam mengikuti pelajaran Seni Musik. ” Pada Dasarnya Setiap Individu Memiliki Bakat Yang Berbeda “.
  2. Buku Pegangan atau Media yang digunakan guru Seni Musik yang tidak lengkap atau tidak sesuai dengan standar. Buku-buku yang memiliki tingkat kesulitan yang tidak sesuai dengan kemampuan anak didik. Intrument Musik sebagai sarana praktik yang tidak lengkap/tidak sesuai dengan materi yang diberikan.” Materi Yang Diberikan Sebaiknya Menyesuaikan Intrument Musik Yang Ada “.
  3. Kompetensi guru yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang dipegang. Inilah sumber segala masalah! sebab, seorang guru Seni pada umumnya harus memiliki kemampuan dasar yang cukup kuat. contoh minimal : guru mampu bermain beberapa Instrumen Musik yang berhubungan dengan materi yang diajarkan, artinya ” Seorang Guru Mampu Menguasai  Materi Baik Secara Teori Maupun Praktik “. Guru harus lebih banyak membaca buku-buku yang berkaitan dengan Seni Musik. banyak berlatih bermain instrument. tidak semua guru seni musik memiliki ijazah Formal dibidangnya, bagi guru yang hanya memiliki kemampuan secara Otodidak pun tidak jadi masalah selama seorang guru masih memiliki kemampuan setidaknya seperti tulisan diatas.
TIPS & TRICKS
Ada banyak cara dan trik dalam mengajarkan mata pelajaran Seni Musik pada anak usia Sekolah Dasar. masing-masing Guru Seni Musik memiliki trik masing-masing dalam menghadapi anak didiknya begitu juga saya!! nah, buat rekan-rekan Guru Seni Musik yang masih memiliki kendala dengan persoalan diatas, ini ada sedikit tips dari saya…
  1. Kita harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan didalam maupun diluar ruangan kelas. Jelas, ini sangat berpengaruh pada mental dan spirit belajar anak didik. Logikanya seperti ini, Jika mereka (anak didik) menyukai sosok Gurunya maka, mereka pun secara tidak langsung menyukai pelajaran yang diberikan sang guru. ” Bimbinglah Anak Didik Dengan Penuh Ketulusan “. Haruskah guru memarahi anak didiknya karena tidak dapat menyerap materi? jawabannya : TIDAK!! terekadang mereka membutuhkan perhatian yang lebih maka, tersenyum dan bimbinglah mereka. ( Menciptakan rasa tenang dalam belajar bukan rasa tegang…!!)
  2. Skill atau kemampuan seorang guru dalam bermain musik yang sesuai dengan materi. terkadang kita perlu menunjukan kemampuan kita dalam bermain musik, bukan untuk menunjukan kehebatan kita melainkan untuk menimbulkan motivasi dan imajinasi mereka terhadap musik. dengan demikian rasa ingin tahu mereka terhadap musik akan meningkat. Emosi saat memainkan instrument akan sangat berpengaruh. mainkanlah lagu-lagu di era mereka, bukan lagu-lagu di era gurunya. ( Bermain Musik Dengan Penuh Perasaan Agar Bunyi Yang Disajikan Terdengar Indah Ditelinga Anak Didik ).
  3. Berkomunikasi dengan baik dalam berinteraksi dengan anak didik. komunikasi bukan hanya berbicara melalui mulut saja akan tetapi guru harus dapat menggunakan bahasa tubuh dengan baik agar lebih menarik perhatian anak didik. ( Bahasa Visual Akan Membantu Daya Serap Anak Didik ).
Sekian tips dan trik dari saya, Semoga bermanfaat!! Mohon maaf  jika terdapat kesalahan dalam penulisan ini. jika terdapat kekurangan mohon sharingnya…
                                                                                                                                            Salam, Penulis
Efrinando Shoublin

3 komentar:

  1. bagus dan sangat perlu dicoba..GO....Go....yeahhhh!!!

    BalasHapus
  2. saya rasa sangat penting buat anak pelajari seni musik dari usia dini, mulai tingkat pendidikan taman kanak-kanak sampai tingkat sma. jadi pemerintah harus memperhatikan hal itu, mulai dengan cara mencari guru guru terbaik dalam bidang seni musik. dengan memberikan kurikulum tambahan setiap sekolah-sekolah dan menambah jam pelajaran seni musik agar dapat meningkatkan pengetahuan anak didik mengenai seni musik.

    BalasHapus
  3. nice article... tengkyu pencerahannya :)

    BalasHapus

http://google.com