RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 6 Memmpraktikan gerak dasar ke dalam permainan bola kecil dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 6.1 Mempraktikan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang domodifikasi, serta nilai-nilai kerja sama regu sportifitas, dan kejujuran
Indikator : a. Melempar bola kasti
b. Menangkap bola kasti
c. Memukul bola kasti
Alokasi Waktu : 6 X 35 ( 2 X Pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~ Siswa dapat melakukan macam-macam cara melempar bola kel
~ Siswa dapat melakukan macam-macam cara menangkap bola kecil
~ Siswa dapat melakukan macam-macam cara memukul bola kecil
~ siswa dapat bermain kasti
B. Materi Pembelajaran
a. Melempar bola kasti
b. Menangkap bola kasti
c. Memukul bola kasti
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
~ Siswa melakukan macam-macam cara melempar bola kel
~ Siswa melakukan macam-macam cara menangkap bola kecil
~ Siswa melakukan macam-macam cara memukul bola kecil
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 56 - 59
F. Penilaian
1. Tes ketrampilan ( Psikomotor )
1. Melakukan melempar bola kecil
2. Melakukan menangkap bola kecil
3. Melakukan memukul bola keci
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN KASTI
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
1. Melakukan melempar bola kecil | |||||
2. Melakukan menangkap bola kecil | |||||
3. Melakukan memukul bola kecil | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 6 Memmpraktikan gerak dasar ke dalam permainan bola kecil dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 6.2 Mempraktikan dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja regu, sportifitas dan kejujuran
Indikator : a. Bentuk dan ukuran lapangan bola voli mini
b. Tehnik Dasar permainan bola voli mini
( passing bawah, passing atas dan servis bawah )
c. Bermain bola voli mini
Alokasi Waktu : 9 X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjeskan bentuk dan ukuran lapangan bola voli
2. Siswa dapat melakukan tehnik-tehnik dasar bola voli ( passing bawah, passing atas dan
servis bawah )
3. Siswa dapat bermain bola voli mini dengan sportif
B. Materi Pembelajaran
a. Bentuk dan ukuran lapangan bola voli mini
b. Tehnik Dasar permainan bola voli mini
( passing bawah, passing atas dan servis bawah )
c. Bermain bola voli mini
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
a. Penjelasan bentuk dan ukuran lapangan bola voli mini
b. Melakukan tehnik Dasar passing bawah, passing atas dan servis bawah
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
b. Melakukan tehnik Dasar passing bawah, passing atas dan servis bawah
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
c.. Bermain bola voli mini sesuai dengan peraturaperaturan
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 59 - 61
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
1. Lakukan passing bawah
2. Lakukan passing atas
3. Lakukan servisce
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAIANAN BOLA VOLI MINI
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | |||
1. Lakukan passing bawah 20 kali | |||||
2. Lakukan passing atas 10 kali |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 6 Memmpraktikan gerak dasar ke dalam permainan bola kecil dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 6.3.Mempraktikan gerak dasar atletik yang dimodifikasi lompat, loncat dan lompat
Indikatro : a. Melompat tanpa awalan
b. Meraih bola yang menggantung
c. Melompat dengan awalan
d. Lompat jauh gaya jongkok
e. Lapangan lompat jauh
Alokasi Waktu : 9 X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~ Siswa dapat melakukan melompat tanpa awalan
~ Siswa dapat melakukan meraih bola yang menggantung
~ Siswa dapat melakukan melompat dengan awalan
~ Siswa dapat melakukan lompat jauh gaya jokok
~ Siswa dapat membuat /menggambar lapangan lompat jauh
B. Materi Pembelajaran
a. Melompat tanpa awalan
b. Meraih bola yang menggantung
c. Melompat dengan awalan
d. Lompat jauh gaya jongkok
e. Lapangan lompat jauh
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
a. Melompat tanpa awalan
b. Meraih bola yang menggantung
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan II
Pendahuluan
Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
c. Melompat dengan awalan
d. Lompat jauh gaya jongkok
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan III
Pendahuluan
Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
e. Lapangan lompat jauh
d. Penilaian
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 62 – 64
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
~ melakukan lari berbagai kecepatan 30 m
~ melakukan lompat tinggi gaya guling perut / guling perut
~ melakukan lompat jauh gaya jokok
b. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAIANAN BOLA VOLI MINI
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | |||
1. Melakukan lari berbagai kecepatan 30 m | |||||
2. Melakukan lompat tinggi gaya guling perut / guling perut | |||||
3. Melakukan lompat jauh gaya jokok | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 7 Mempraktikan latihan kebugaran yang lebih komplek untuk meningkatkan ketrampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 7.1 Mempraktikan aktivitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama dan kejujuran
Indikator : 1. Lompat tali :
- Limpat tali beregu
- Lompat tali perorangan
2. Pus up
3. Permainan hitam dan hijau
4. Lompat bangku
Alokasi Waktu : 9 X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~ Siswa dapat melakukan lompat tali beregu
~ Siswa dapat melakukan lompat tali perorangan
~ Siswa dapat melakukanpus up
~ Siswa dapat melakukan permainan hijau hitam
~Siswa dapat melakukan lompat bangku
B. Materi Pembelajaran
- Latihan kekuatan dan daya tahan :
1. Lompat tali :
- Limpat tali beregu
- Lompat tali perorangan
2. Pus up
3. Permainan hitam dan hijau
4. Lompat bangku
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
1. Lompat tali :
- Limpat tali beregu
- Lompat tali perorangan
2. Pus up
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
3. Permainan hitam dan hijau
4. Lompat bangku
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
Penilaian :
1. Lompat taliperorangan
2. Pus up
3. Lakukan lompat bangku dengan pendaratan yang benar !
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 68 - 70
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
1. Lakukan lompat tali perorangan !
2. Lakukan Pus up sesuai kemampuan !
3. Lakukan lompat bangku dengan pendaratan yang benar
b. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM LANTAI
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | |||
1. Lakukan lompat tali perorangan ! | |||||
2. Lakukan Pus up sesuai kemampuan ! | |||||
3. Lakukan lompat bangku dengan pendaratan yang benar ! | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 7 Mempraktikan latihan kebugaran yang lebih komplek untuk meningkatkan ketrampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 7.2 Mempraktikan aktivitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama dan kejujuran
Indikator : a. Kelentukan otot leher
b. Kelentukan otot punggung
c. Kelentukan otot perut
Alokasi Waktu : 3 X 35 menit ( 1 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~ Siswa dapat melakukan gerakan kelentukan otot leher
~ Siswa dapat melakukan gerakan kelentukan otot punggung
~ Siswa dapat melakukan gerakan pus up
B. Materi Pembelajaran
- Latihan Kelentukan :
a. Kelentukan otot leher
b. Kelentukan otot punggung
c. Kelentukan otot perut
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
a. Siswa melakukan kelentukan otot leher
b. Siswa melakuka kelentukan otot punggung
c. Siswa melakukan kelentukan otot perut
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal 71 - 72
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
- Pengamatan selama KBM
1. Kelentukan otot leher
2. Kelentukan otot punggung
3. Kelentukan otot perut
b. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM LANTAI
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | |||
a. Lakukan gerakan kelentukan otot leher ! | |||||
b. Lakukan gerakan kelentukan otot punggung ! | |||||
c. Lakukan kelentukan otot perut ! | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 8 Mempraktikan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nialai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 8.1 Mempraktikan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama dan estetika
Indikator : a. Peregangan
- otot lengan
- otot leher
- otot pinggang
- otot kaki
- oto perut dan punggung
b. Membungkuk sambil berjalan
c. Sikap lilin
d. Lari menggendong teman
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit ( 2 X pertemuan )
A. Tujuan Pemnbelajarn
~Siswa dapat melakukan latihan peregangan
~ Siswa dapat melakukan gerakan membungkuk sambil berjalan
~ Siswa dapat melakukan gerakan sikap lilin
~ Siswa dapat melakukan gerakan lari menggendong teman
B. Materi Pembelajaran
-Senam Latai Tanpa Alat :
a. Siswa melakukan gerakan Peregangan :
- otot lengan
- otot leher
- otot pinggang
- otot kaki
- oto perut dan punggung
b. Siswa melakukan gerakan membungkuk sambil berjalan
c. Siswa melakukan sikap lilin
d. Siswa melakukan lari menggendong teman
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
a. Siswa melakukan gerakan Peregangan :
- otot lengan
- otot leher
- otot pinggang
- otot kaki
- otot perut dan punggung
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Peretmuan II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
b. Siswa melakukan gerakan membungkuk sambil berjalan
c. Siswa melakukan sikap lilin
d. Siswa melakukan lari menggendong teman
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 76 - 78
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
1. Lakukan peregangan otot lengan
2. Lakukan peregangan otot leher
3. Lakukan peregangan otot pinggang
4. Lakukan peregangan otot perut dan punggung
5. Lakukan sikap lilin dengan sempurna
b. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM LANTAI TANPA ALAT
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
1. Lakukan peregangan otot lengan | |||||
2. Lakukan peregangan otot leher | |||||
3. Lakukan peregangan otot pinggang | |||||
4. Lakukan peregangan otot perut dan punggung | |||||
5. Lakukan sikap lilin dengan sempurna | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 8 Mempraktikan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nialai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 8.2. Mempraktikan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan kerjasama Indikator 1. Gerakan berguling :
a. Berguling ke depan
b. Berguling ke belakang
2. Gerakan pull up
3. Lompat Tali
4. Lompat kangkang melewati peti lompat
5. Menerobos melewati rintangan
6. Merayap melewati rintangan
7. Pus up Bola lewat
Alokasi Waktu : 12 X 35 menit ( 4 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~ Siswa dapat melakukan gerakan berguling ke depan
~ Siswa dapat melakukan gerakan berguling ke belakang
~ Siswa dapat melakukan gerakan pull up
~ Siswa dapat melakukan permainan lompat tali
~ Siswa dapat melakukan gerakan lompat kakangk melewati peti lompat
~ Siswa dapat melakukan permainan menerobos melewati rintangan
~ Siswa dapat melakukan permainan merayap melewati rintanga
~ Siswa dapat melakukan permainan pus up bola lewat
B. Materi Pembelajaran
-Senam Lantai Tanpa Alat :
1. Siswa melakukan gerakan berguling ke depan
2. Siswa t melakukan gerakan berguling ke belakang
3. Siswa melakukan gerakan pull up
4 Siswa melakukan permainan lompat tali
5 Siswa melakukan gerakan lompat kakangk melewati peti lompat
6. Siswa melakukan permainan menerobos melewati rintangan
7. Siswa melakukan permainan merayap melewati rintanga
8. Siswa melakukan permainan pus up bola lewa
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
1. Siswa melakukan gerakan berguling ke depan
2. Siswa t melakukan gerakan berguling ke belakang
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
3. Siswa melakukan gerakan pull up
4 Siswa melakukan permainan lompat tali
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
5 Siswa melakukan gerakan lompat kakangk melewati peti lompat
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan IV
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti :
6. Siswa melakukan permainan menerobos melewati rintangan
7. Siswa melakukan permainan merayap melewati rintanga
8. Siswa melakukan permainan pus up bola lewa
Penutup
Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 79 - 83
F. Tehnik Penilaian
a.Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
1. Lakukan merangkak dan merayap lewat rintangan !
2. Lakukan menerobos tali yang dibentangkan !
3. Lakukan Push up bola lewat !
b. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM KETANGKASAN
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | |||
1. Lakukan merangkak dan merayap lewat rintangan ! | |||||
2. Lakukan menerobos tali yang dibentangkan ! | |||||
3. Lakukan Push up bola lewat 10 kali ! | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 9 Mempraktikan ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 9.1 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur
Indikator : a. Senam Irama I :
- Latihan 1 : Megayun ke dua lengan ke samping
- Latihan 2 : Mengayun dan memutar lengan
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit ( 2 X pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan pola gerak senam Irama I :
- Latihan 1
- Latihan 2
B. Materi Pembelajaran
a. Senam Irama I :
- Latihan 1 : Megayun ke dua lengan ke samping
- Latihan 2 : Mengayun dan memutar lengan
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan 1
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
a. Senam Irama I :
- Latihan 1 : Megayun ke dua lengan ke samping
- Latihan 2 : Mengayun dan memutar lengan
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan 2
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
Penilaian
* Lakukan gerakan :
- Latihan 1 : Megayun ke dua lengan ke samping
- Latihan 2 : Mengayun dan memutar lengan
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 88 - 89
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
1. Lakukan Senam Irama I
b. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM IRAMA
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | |||
1. Lakukan Latihan 1 : Megayun ke dua lengan ke samping | |||||
2. Lakukan Latihan 2 : Mengayun dan memutar lengan | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDK Santa MariaKelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 9 Mempraktikan ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 9.2 mempraktikan kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika
Indikator : b. Senam Irama II
- Latihan
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit ( 2 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~2. Siswa dapat melakukan pola gerak senam irama II
B. Materi Pembelajara
b. Senam Irama II :
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan 1
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
a. Senam Irama II :
- Latihan 1 : Megayun ke dua lengan ke samping
- Latihan 2 : Mengayun dan memutar lengan
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal 89 - 90
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
2. Lakukan Senam Irama II
b. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | |||
2. Lakukan Senam Irama II | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 10 Mempraktikan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi dasar : 10.1 Mempraktikan gerak dasar meluncur, meggerakan tungkai menggerakan lengan serta nilai kebersihan
Indikator : A. RENANG
. Geraka Dasar Meluncur :
- Latihan meluncur
- Latihan meluncur di tarik teman
2. Latihan gerakan kaki gaya bebas
3. Latihan gerakan lengan gaya bebas
4. Latihan bernapas renang gaya bebas
Alokasi Waktu : 9 X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~ Siswa dapat melakukan gerakan meluncur
~ Siswa dapa melakukan meluncur di tarik teman
~ Siswa dapat melakukan gerakan kaki gaya bebas
~ Siswa dapat melakukan gerakan lengan gaya bebas
B. Materi Pembelajaran
Renang gaya bebas
1. Geraka Dasar :
- Latihan meluncur
- Latihan meluncur di tarik teman
2. Latihan gerakan kaki gaya bebas
3. Latihan gerakan lengan gaya bebas
4. Latihan bernapas renang gaya bebas
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
1. Geraka Dasar :
- Latihan meluncur
- Latihan meluncur di tarik teman
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan II
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
2. Latihan gerakan kaki gaya bebas
3. Latihan gerakan lengan gaya bebas
4. Latihan bernapas renang gaya bebas
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
Pemilaian
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 94 - 96
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
1. Melakukan Gerakan Meluncur
2. Melakukan Gerakan Tungkai gaya bebas
3. Melakukan gerakan lengan gaya bebas
b. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA RENANG
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1.Lakukan Gerakan Meluncur ! | |||||
2. Lakukan Gerakan Tungkai gaya bebas ! | |||||
3. Lakukan gerakan lengan gaya bebas ! | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDK Santa MariaKelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 10 Mempraktikan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi dasar : 10.2. Mepraktikan cara bernapas renang gaya bebas
Indikator : B. Latihan gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
Alokasi Waktu : 3 X 35 menit ( 1 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~ Siawa dapat melakukan gerakan koordinasi renang gaya bebas
B. Materi Pembelajaran
Renang gaya bebas
5. Latihan gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
5. Kombinasi gerakan renang gaya bebas ( Kaki, renang, napas )
Penutup
~ Pendinginan, berbaris, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 96 - 97
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik ketrapilan ( psikomotor )
koordinasi gerakan renang gaya bebas
b. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA RENANG
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. Koordinasi gerakan renang gaya bebas | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 10 Mempraktikan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi dasar : 10.3.Mepraktikan dasar-dasar keselamatan di air
Indikator : C. Keselamatan di Air
- Etika Di Kolam Renang
- Selalu Menjaga Kebersihan
Alokasi Waktu : 1 X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
~ Siswa dapat mengerti etika di kolam renang
~ Siswa dapat menjaga kebersihan kolam renang
B. Materi Pembelajaran
Renang gaya bebas
* Keselamatan di air
- Etika di kolam renang
- Menjaga kebersihan kolam renang
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
B. Materi Pembelajaran
Renang gaya bebas
*. Keselamatan di air
- Etika di kolam renang
- Menjaga kebersihan kolam renang
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti :
6. Keselamatan di air
- Etika di kolam renang
- Menjaga kebersihan kolam renang
Penutup
~ bero’a, ulangan, istirahat
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 97 98
F. Tehnik Penilaian
a. Tes Praktik Tulis
1. Jelaskan apa yang dinamakan etika ?
2. Mengapa kita harus selalu menjaga kebersihan ?
b. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA RENANG
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas pengetahuan | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. Jelaskan apa yang dinamakan etika ? | |||||
2. Mengapa kita harus selalu menjaga kebersihan ? | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDK Santa MariaKelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikan kegiatan berkemah dilingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 11.1 Mempraktikan berbagai ketrampilan yang sesuai untuk kegiatan perkemahan, serta nilai kerjasama, tanggungjawab, disiplin, dan mengikuti aturan
Indikator : A. Berkemah
Alokasi Waktu : 3 X 35 menit ( 1 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan berkemah dengan baik
B. Materi Pembelajaran
- Berkemah
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan Tanya jawab
Inti :
1. Siswa mengikuti kegiatan berkemah dengan baik
2. Menyebukan sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan dalam berkemah
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 102
F. Tehnik Penilaian
1. Pengamatan :
. Tes Pengamatan Selamat siswa mengikuti Kegiatan – kegiatan selama kemah l berlangsung
1. Kegiatan mendirikan Tenda
2. Sarana dan prasaraan yang disiapkan
2. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KETRAMPILAN KEGIATAN DALAM PERKEMAHAN
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak / kegiatan | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
1. Kegiatan mendirikan Tenda | |||||
2. Sarana dan prasaraan yang disiapkan | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDK Santa MariaKelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 11. Mempraktikan kegiatan berkemah dilingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 11.2 Mempraktikan aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan
Indikator : B. Kegiatan Dalam Berkemah
- Api unggun
- Mencari jejak
- Lomba enggran
- Tarik tambang
Alokasi Waktu : 3 X 35 menit ( 1 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melaksanakan kegiatan berkemah :
a. Api unggun
b. Mencari jejak
c. Lomba enggran
d. Tarik tambang
B. Materi Pembelajaran
a. Api unggun
b. Mencari jejak
c. Lomba enggran
d. Tarik tambang
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
~ Latihan
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pendahuluan
~ Berbaris, berdo`a, presensi, apersepsi, dan Tanya jawab
Inti
1. Siswa melaksanakan kegiatan :
a. Api unggun
b. Mencari jejak
c. Lomba enggran
d. Tarik tambang
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 103 : 104
F. Tehnik Penilaian
1. Pengamatan :
. Tes Pengamatan Selamat siswa mengikuti Kegiatan belajar mengajar berlangsung
1. Melakukan penyusunan jadwal kegiatan
2. Melakukan mendirikan tenda
3. Melakukan kegiatan api unggung
4. Melakukan permainan enggran
5. Melakukan permainan tarik tambang
2. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KETRAMPILAN KEGIATAN DALAM PERKEMAHAN
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
1. Lakukan penyusunan jadwal kegiatan berkemah | |||||
2. Lakukan kegiatan api unggung | |||||
3. Lakukan lomba bermain enggran | |||||
5. Lakukan permainan tarik tambang | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDK Santa MariaKelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 12 Menerapkan Budaya Hidup sehat
Kompetensi Dasar : 12.1 Menjaga beberapa upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan
Indikator : 1. Kebersihan lingkungan :
- Kebersihan rumah
- Kebersihan Sekolah
Alokasi waktu : 3 X 35 menit ( 1 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjaga kebersihan rumah
2. Siswa dapat menjaga kebersihan sekolah
B. Materi Pembelajaran
1. Kebersihan lingkungan
a. Kebersihan rumah
b. Kebersihan Sekolah
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
Berdoa, tanya jawab, apersepsi , tugas
Inti :
1. Siswa belajar materi bagaimana cara menjaga kebersihan rumah
2. Siswa belajar materi bagaimana cara menjaga kebersihan sekolah
Penutup
~ Tanya jawab, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan II
Pendahuluan
Berdoa, tanya jawab, apersepsi , tugas
Inti :
Tes tulis / pengamatan
1. Sebutkan apa saja yang harus dijaga kebersihannya dalam rumah !
2. Kebersihan sekolah menjadi tanggungjawab ?.....
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 108
F. Tehnik Penilaian
1. Tes tulis :
a. Sebutkan apa saja yang harus dijaga kebersihannya dalam rumah !
b. Kebersihan sekolah menjadi tanggungjawab ?.....
2. Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KESEHATAN PRIBADI
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak/pengetahuan | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
1. Sebutkan apa saja yang harus dijaga kebersihannya dalam rumah | |||||
2. Kebersihan sekolah menjadi tanggungjawab ?..... | |||||
JUMLAH | |||||
JUMLAH SCOR MAXSIMUM : |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SDK Santa MariaKelas / Semester : IV(empat ) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan
Standar Kompetensi : 12 Menerapkan Budaya Hidup sehat
Kompetensi Dasar : 12.2. Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit
Indikator : B. Menghindari penyakit menular :
- Penyakit malaria
- Penyakit demam berdarah
- Flu burung
- Penyakit diare ( mencret )
- Kencing tikus ( Leptospirosis )
Alokasi waktu : 9 X 35 menit ( 3 X pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1 Siswa dapat mengenal pengertian penyakit malaria
2. Siswa dapat mengenal pengertian penyakit demam berdarah
3. Siswa dapat mengetahui penyakit flu burung
4. Siswa dapat mengetahui tentang penyebab penyakit diare ( mencret )
5. Siswa dapat mempunyai pengertian kencing tikus ( leptospirosis )
B. Materi Pembelajaran
1.Kebersihan lingkungan
a. Kebersihan rumah
b. Kebersihan Sekolah
2.Menghindari penyakit menular :
a. Penyakit malaria
b. Penyakit demam berdarah
c. Flu burung
d. Penyakit diare ( mencret )
e. Kencing tikus ( Leptospirosis )
C. Medode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Demontrasi
~ Tugas-tugas
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajara
Pertemuan I
Pendahuluan
~ Berdoa, tanya jawab, apersepsi , tugas
Inti :
1. Siswa belajar materi bagaimana cara menjaga kebersihan rumah
2. Siswa belajar materi bagaimana cara menjaga kebersihan sekolah
Penutup
~ Tanya jawab, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan II
Pendahuluan
~ Berdoa, tanya jawab, apersepsi , tugas
Inti :
3. Siswa dapat mengenal pengertian penyakit malaria
4. Siswa dapat mengenal pengertian penyakit demam berdarah
Penutup
~ Tanya jawab, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan III
Pendahuluan
~ Berdoa, tanya jawab, apersepsi , tugas
5. Siswa dapat mengetahui penyakit flu burung
6. Siswa dapat mengetahui tentang penyebab penyakit diare ( mencret )
7. Siswa dapat mempunyai pengertian kencing tikus ( leptospirosis )
Penutup
~ Tanya jawab, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
Pertemuan
Pendahuluan
~ Berdoa, tanya jawab, apersepsi , tugas
5. Siswa dapat mengetahui penyakit flu burung
6. Siswa dapat mengetahui tentang penyebab penyakit diare ( mencret )
7. Siswa dapat mempunyai pengertian kencing tikus ( leptospirosis )
Penutup
~ Tanya jawab, evaluasi pembelajaran, berdo`a dan bubar
E. Sumber Belajar
~ Buku KTSP Penjasorkes kelas 4 Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga hal : 109 - 113
F. Tehnik Penilaian
a. Tes teori :
1. Jelaskan bagaimana cara membuang sampah dan air limbah yang benar ?
2. Jelaskan dengan bahasamu apa itu Air Limbah ?
3 Mengapa peningkatan tubuh dan gizi harus diperhatikan
4. Sebutkan bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sebagai sumber bibit penyakit !
5. Sebutkan bahaya dari Penyakit malaria dan demam berdarah bila menyerang manusia !
Rublik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KESEHATAN
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas gerak | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
1. Jelaskan bagaimana cara membuang sampah dan air limbah |
sebagai sumber bibit penyakit ! 5. Sebutkan bahaya dari Penyakit malaria dan demam berdarah
bila menyerang manusia ! JUMLAH JUMLAH SCOR MAXSIMUM :
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
mantab nih , makasih banyak, salam kenal dari permainan bola voli
BalasHapus