RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Mempraktekkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 6.2. Mempraktekkan variasi gerak dasar kedalam modifikasi salah satu permainan bola kecil serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran
Indikator : Melakukan gerakan :
- Melambungkan bola kemudian menangkap
- Melempar dan menangkap
- Memukul kemudian lari berbagai arah
- Bermain rounders
Alokasi : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan:
- Melambungkan bola kemudian menangkap
- Melempar dan menangkap
- Memukul kemudian lari berbagai arah
B. Materi Pembelajaran
a. Rounders
- Melambungkan bola kemudian menangkap
- Melempar dan menangkap
- Memukul kemudian lari berbagai arah
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan melambungkan bola keatas kemudian ditangkap kembali
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan melempar dan menangkap bola dari berbagai arah secara beregu
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan memukul bola kemudian lari berbagai arah secara beregu.
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan melambungkan bola keatas kemudian ditangkap kembali
- Mempraktekkan melempar dan menangkap bola dari berbagai arah secara beregu
- Mempraktekkan memukul bola kemudian lari dari berbagai arah secara beregu
- Bermain rounders
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku Referensi
- Tim Abdi Guru
F. Teknik Penilaian
1. Teknik penilaian.
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
- Melambungkan bola kemudian menangkap.
- Melempar dan menangkap.
- Memukul kemudian lari bebagai arah
- Bermain rounders
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN ROUNDERS
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Melambungkan bola kemudian menangkap2. Melempar dan menangkap 3. Memukul kemudian lari berbagai arah 4. Bermain Rounders | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Mempraktekkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 6.3. Mempraktekkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin **)
Indikator : Melakukan gerakan :
- Berlari
- Lompat
- Lari dan lompat
Alokasi : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Berlari
- Lompat
- Lari dan lompat
B. Materi Pembelajaran
a. Atletik
- Berlari
- Lompat
- Lari dan lompat
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melompat
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan lompatan tanpa awalan
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerakan lari dan melompat
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melompat
- Melakukan gerakan lompatan tanpa awalan
- Melakukan gerakan lari dan lompat
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Atletik.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
- Berlari
- Lompat
- Lari dan lompat
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA GERAK DASAR ATLETIK
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Berlari2. Lompat 3. Lari dan lompat | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 7. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 7.1. Mempraktekkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah
Indikator : Melakukan gerakan :
- Otot lengan, otot perut dan otot pinggang
Alokasi : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan :
- Otot lengan, otot perut, otot pinggang, dan tarik tambang
B. Materi Pembelajaran
a. Permainan
- Otot lengan, otot perut, otot pinggang dan tarik tambang
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Latihan gerakan otot lengan
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Latihan gerakan otot perut
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Latihan gerakan otot pinggang
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Tarik tambang dan kelincahan
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Atletik
F. Penilaian
1. Teknik penilaian:
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan
- Kombinasi jalan lari dan lompat
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KEBUGARAN
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Jalan2. Lari 3. Lompat 4. Kombinasi jalan, lari dan lompat | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 7. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 7.2. Mempraktekkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat
Indikator : Melakukan gerakan :
- Jalan
- Lari
- Lompat
Alokasi : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Jalan
- Lompat
Dengan berbagai variasi / sirkuit / pos
B. Materi Pembelajaran
a. Permainan
- Jalan
- Lari dan
- Lompat
Dengan berbagai variasi / sirkuit / pos
C. Materi Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir melakukan lompat tali
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melakukan sirkuit lari belak-belok
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melakukan lari zig-zag
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melakukan sirkuit jalan, lari dan lompat tali
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Atletik
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan
- Jalan
- Lari dan
- Lompat dengan sirkuit
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KEBUGARAN
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Jalan2. Lari dan 3. Lompat Dengan sirkuit | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 8. Mempraktekkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 8.1. Mempraktekkan sebuah rangkaian senam ketangkasan
Indikator : Melakukan gerakan :
- Rangkaian guling depan dan guling belakang
Alokasi : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran.
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Rangkaian guling depan dan guling kebelakang dan sikap lilin
B. Materi Pembelajaran
a. Senam
- Rangkaian guling depan, guling belakang dan sikap lilin
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan gerakan guling depan, guling belakang dan sikap lilin
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan rangkaian gerakan guling depan, guling belakang dan headstand
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Senam
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan
Rangkaian guling depan dan guling belakang
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Rangkaian guling depan dan guling belakang | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 8. Mempraktekkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 8.2. Mempraktekkan bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik
Indikator : Melakukan gerakan :
- Rangkaian guling depan dan guling belakang dengan berbagai variasi
Alokasi : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Rangkaian guling depan dan belakang dengan berbagai variasi
B. Materi Pembelajaran
a. Senam
- Rangkaian guling depan dan belakang dengan berbagai variasi
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan.
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan rangkaian gerakan guling depan, guling belakang dan berbagai posisi
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan rangkaian gerakan guling depan, guling belakang dari berbagai posisi
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Senam
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian.
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
- Rangkaian guling depan dan guling belakang dengan berbagai variasi
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Rangkaian guling depan dan guling kebelakang dengan berbagai variasi | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 9. Mempraktekkan gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 9.1. Mempraktekkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk liuk, memutar, dan gerak berirama serta nilai kerjasama, percaya diri dan disiplin
Indikator : Melakukan gerakan
- Mengayun
- Melangkah maju mundur
- Meliukan badan
- Memutar badan
Alokasi : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Mengayun
- Melangkah maju mundur
- Meliukan badan
- Memutar badan
B. Materi Pembelajaran
a. Gerak berirama
- Mengayun
- Melangkah maju mundur
- Meliukkan badan
- Memutar badan
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan kombinasi pola gerak mengayun, dan menarik
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan pola gerak menekuk liuk, memutar dan gerak berirama
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Renang
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
- Mengayun
- Menarik
- Menekuk
- Menekuk liuk
- Memutar
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Mengayun2. Menarik 3. Menekuk 4. Menekuk liuk 5. Memutar | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 9. Mempraktekkan gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 9.2. Mempraktekkan satu pola gerak berirama berstruktur dengan konsisten serta nilai kerjasama, percaya diri dan disiplin
Indikator : Melakukan gerakan
- Pola gerak berirama
- Senam Irama
- SIS
Alokasi : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Pola gerak berirama
- Senam Irama
- SIS
B. Materi Pembelajaran
a. Senam SIS
- Pola gerak berirama
- Senam irama
- SIS
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan pola gerak berirama
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan pola gerak berirama, senam irama dan SIS
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Senam
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes teori (psikomotor)
Gerakan
- Gerak berirama
- Senam
- SIS
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM SIS
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Pola Gerak berirama2. Senam irama 3. SIS | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 10. Mempraktekkan gerak dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 10.1. Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung serta nilai keberanian dan percaya diri
Indikator : Melakukan gerakan
- Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Alokasi : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
B. Materi Pembelajaran
a. Renang
- Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2.
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Renang
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
Tes Unjuk kerja (psikomotor
Gerakan
- Teknik gerakan lengan
- Gerakan tungkai
- Gerakan lengan renang gaya punggung
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA RENANG
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Teknik gerakan lengan2. Renang | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 10. Mempraktekkan gerak dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 10.2. Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Indikator : Melakukan gerakan
- Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Alokasi : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
B. Materi Pembelajaran
a. Renang
- Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai dan lengan
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Renang
F. Penilaian
- Teknik Penilaian
Gerakan:
- Meluncur
- Gerakan tungkai
- Gerakan lengan renang gaya punggung
- Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA RENANG
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Meluncur2. Gerakan tungkai 3. Gerakan lengan renang gaya punggung | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 11. Mempraktekkan penjelajahan sekitar sekolah dan nilia-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 11.1. Mempraktekkan pembuatan rencana penjelajahan
Indikator : Menjelaskan
- Penyusunan rencana penjelajahan
Alokasi : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat
- Menyusun rencana penjelajahan
B. Materi Pembelajaran
a. Penjelajahan
- Penyusunan rencana penjelajahan
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah.
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Menyusun rencana kegiatan penjelajahan
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Penjelajahan
F. Teknik Penilaian
Teknik Penilaian
Tes teori
- Penyusunan rencana penjelajahan
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEORI
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Penyusunan rencana penjelajahan | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 11. Mempraktekkan penjelajahan sekitar sekolah dan nilia-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 11.2. Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah
Indikator : Melakukan
- Perjalanan beregu
Alokasi : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Perjalanan beregu
B. Materi Pembelajaran
a. Berkemah
- Perjalanan beregu
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstran
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan penjelajahan di perkampungan secara beregu di lingkungan sekolah
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Berjelajah
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes teori
- Penyusunan rencana penjelajahan
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA BERKEMAH
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Perjalanan Beregu | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar : 12.1. Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan
Indikator : Menjelaskan:
- Bahaya merokok bagi kesehatan
Alokasi : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan
- Bahaya merokok bagi kesehatan
B. Materi Pembelajaran
a. Kesehatan
- Bahaya merokok bagi kesehatan
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Penjelasan tentang bahaya merokok bagi kesehatan
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Kesehatan
F. Penilaian
Teknik Penilaian
Tes Teori
Bahaya merokok bagi kesehatan
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA BUDAYA HIDUP SEHAT
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Bahaya merokok bagi kesehatan | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar : 12.2. Mengenal bahaya minuman keras
Indikator : Menjelaskan:
- Bahaya minuman keras
Alokasi : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan
- Bahaya minuman keras
B. Materi Pembelajaran
a. Kesehatan
- Bahaya minuman keras
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Menjelaskan bahaya minuman keras
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Kesehatan
F. Penilaian
Teknik Penilaian
Tes Teori
Bahaya Minuman keras
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA BUDAYA HIDUP SEHAT
ASPEK YANG DINILAI | KUALITAS GERAK | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Bahaya Minuman Keras | ||||
JUMLAH | ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL |
Mengetahui, Kepala SDK Santa Maria Elisabeth Tarigan, SFD | Guru Mata Pelajaran Efrinando Shoublin |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar