Profil

Foto saya
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
Guru SDS Katolik Santa Maria Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Senin, 16 Mei 2011

Metode Pengajaran Musik Praktis ( II )

POKOK BAHASAN PELAJARAN

Begitu banyak materi pokok bahasan dapat disusun, tetapi praktik pembelajaran musik yang kami laksanakan sangatlah kami batasi dengan beberapa aspek perhatian secara teknis pelaksanaan, seperti : Kemampuan Pendengaran, Kemampuan Baca Musik, Kemampuan Main Musik, Kemampuan Olah Vokal, Kemampuan Ansambel serta Teori dan Pengetahuan Umum Musik dalam Praktik peragaan terintegrasi.

Metoda penyampaian Kemampuan Pendengaran kami laksanakan dengan menirukan berbagai kata, suku kata, terminologi musik, syair dan persajakan (hitam, hittam, hitaaam, mamma, mamaaa, hijau, risau, allegro, diminuendo, meletus balon hijau hatiku amat risau, bintang kecil di langit yang tinggi, dsb.) : menirukan ritme  dalam berbagai pola dengan alat musik standar frekwensi 440 Hz Bagi nada a1 ; menirukan akord terurai atau akord utuh dengan kemampuan untuk memahami akord primer melalui pernyataan visual.
Metoda penyampaian Kemampuan Baca Musik kami laksanakan dengan cara memperkenalkan ragam jenis not melalui permainan untuk menyatakan perbedaan durasi : membaca pola ritme yang dirancang dalam berbagai metrum; secara bersama-sama atau sendiri-sendiri, membaca notasi melodi sederhana (staff reading) di papan tulis atau menunjuk beberapa notasi nada dalam jangkauan C-G, membaca melodi sederhana dalam jangkauan 1 oktaf in-C dengan rancangan kemudahan untuk memainkannya pada alat musik papannada klaviatur.

Metoda penyampaian Kemampuan Main Musik kami laksanakan dengan menuntut kemampuan siswa untuk memainkan ragam jenis alat musik perkusi  penunjang derap sesuai dengan petunjuk (ringbells, castanyet, maracas, tambourine, drum dsb); memainkan melodi sederhana dalam jangkauan 5 nada (C-G) pada alat musik klaviatur dengan memperhatikan nomor urut penggunaan jari tangan kanan (1=jempol, 2=telunjuk, 3=jari tengah, 4=jari manis, 5=jari kelingking) memainkan melodi sederhana dalam jangkauan 1 oktaf pada alat musik klaviatur, setidak-tidaknya mampu memainkan tangga nada C Mayor dengan urutan jari 1-2-3-1-2-3-4-5 mengenal akord dan mampu memainkannya dengan tangan kiri pada alat musik klaviatur setidak-tidaknya mampu menyatakan nada atas (root) dalam berbagai kemungkinan 12 nada kromatik.


Metoda penyampaian Olah Vokal kami laksanakan dengan menuntut kemampuan menirukan syair dan kata-kata guna mendapatkan kesempurnaan ucapan (khalik, wacana, affettuoso, tangwo mentong cal ichi, accelerando, Allah, terang benderang, doremifasolasido, mifasolasidoremi, eine kleine nacht musik dsb.)


Menyanyikan solmisasi (solfegio) dengan kesempurnaan pendengaran mutlak (al=440 Hz) dimulai deremifasol bagi CDEFG, solasidore bagi GABCD, fasolsido bagi FGABes,C, remifasola bagi DEFisGA sebelum kelak mengenal cara baca transposisi dalam berbagai nada dasar; menyanyikan lagu dalam bahasa indonesia dengan memperhatikan persajakan dan aliterasi; menyanyikan lagu dalam bahasa inggris atau bahasa asing lainnya disamping lagu-lagu dalam bahasa daerah Indonesia dengan lafal yang benar. 


Metoda penyampaian Kemampuan Ansambel kami laksanakan dengan awalan ansambel ritmik dalam berbagai kemungkinan perbedaan pola ritme, perbedaan ragam alat dan berbagai kemungkinan pola ritme pengiring lagu; main bersama dengan awalan introduksi diselingi interlude dan akhiran koda; pengenalan kalimat layu memulai berbagai bentuk ulang (repeat) dan cara baca D.C & D.S; tuntutan kemampuanansambel dalam aransemen 4 suara (S.A.T.B).


Bersambung >>> TIKITIKI DAN PERNYATAAN BAHASA TUBUH

Metode Pengajaran Musik Praktis ( I )

RPP Penjaskes Semester II Kelas VI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                   : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                        :Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        :Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetensi               :6. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam                                                     permaianan dan olahraga dengan peraturan yang                                                    dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung                                                    di dalamnya
Kompetensi Dasar                 :6.1 Mempraktikan penerapan teknik dasar salah satu                                                      permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan                                                      yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, s[ortifitas dan                                                      kejujuran **)
Indikator                                : Sejarah permaianan bola voly
Teknik dasar bola voly:
- servis
- pasing
- smash
- block
Rotasi permainan
Alokasi waktu                       : 16 x 35 menit ( 4 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a.Siswa dapat memahami sejarah singkat tentang bola voly
b. Siswa dapat melakukan gerakan:
- servis bawah dan servis atas
- pasing bawah dan pasing atas
- smash
- block
c. siswa dapat bermain bola voly dengan peraturan sederhana dan dimodfikasi
B. Materi Pembelajaran
Bola voly
-servis, pasing, smash dan block
C.Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi dan pemanasan
    Inti: Pertemuan l
Mempraktikan teknik servis bawah maupun servis atas
Bermain bola voly dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
Pertemuan ll
Mempraktikan teknik pasing bawah maupun pasing atas
Bermain bola voly dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
Pertemuan lll
Mempraktikan teknik smash dengan bergantian
Bermain bola voly dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
Pertemuan Vl
Mempraktikan teknik block
Bermain bola voly dengan peraturan yang disempurnakan dan dimodifikasi
Penutup: pendingian, refleksi, penugasan, berdoa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 62-65
Buku referensi bola voly
F. Penilaian
1. Tehnik penilaian:
* Test unjuk kerja (psikomotor)
praktikan teknik servis, pasing, smash dan block
2. Rubrik penilaian
Unjuk kerja Bola Basket
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Praktikan teknik servis dengan kontrol2. Praktikan teknik pasing dengan kontrol3. Praktikan smash dengan kontrol
4. praktikan teknik block denagn kontrol
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester              : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetensi       : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam                                                                        permaianan dan olahraga dengan peraturan yang                                            dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar          : 6.1 Mempraktikan penerapan teknik dasar salah satu                                                                 permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan                                                            yang dimodifikasi, serta nilai-nilai kerjasama, sportitas                                                          dan kejujuran**)
Indikator                         : Sejarah permainan bulu tangkis
Teknik dasar permainan bulu tangkis:
-          pegangan raket
-          servis
-          smash
Bermain bulu tangkis dengan peratuaran sederhana
Alokasi waktu                        : 16 x 35 ( 4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat memahami sejarah bulu tangkis
b. Siswa dapat mempraktikan:
- cara memegang raket
- servis
- smash
c. bermain permainan bulu tangkis dengan peraturan sederhana
B. Materi Pembelajaran
a. Bulu tangkis
-memegang raket
- servis/ pukulan
- smash dan cara bermain
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan, penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti:   Pertemuan l
Teknik memegang raket
Mempraktikan servis
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu maupun berpasangan
Pertemuan ll
Mempraktikan lanjutan  servis ( macam-macam servis)
Mempraktikan pukulan
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu maupun berpasangan
Pertemuan lll
Mempraktikan lanjutan pukulan
Mempraktikan pukulan smash
Dengan berbagai variasi gerak dan jarak serta melakuakn gerakan secara individu maupun berpasangan
Pertemuan Vl
Mengembangkan ketrampilan servis, pukulan, smash dengan bervariasi gerak
Mempraktikan permainan bulu tangkis dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi
Mengembangkan prinsip kerjasama dalam tim atau regu
Penutup: pendinginan, refleksi, penugasan, doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar
Buku Penjsorkes Erlangga kls Vl, hal 66-71
Buku referensi bulu tangkis
F. Penilaian
1.Tehnik penilaian (psikomotor)
* test unjuk kerja: memegang raket
melakukan servis, pukulan, smash
dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukangerakan individ maupun                  berpasangan
2. Rubrik penilaian

Unjuk kerja bulu tangkis
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Praktikan macam servis2. Praktikan macam pukulan3. Praktikan smash
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                            : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                  : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetensi           : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam                                                  permaianan dan olahraga dengan peraturan yang                                                  dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung                                                                           diodalamnya
Kompetensi Dasar              : 6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa                                                     nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang                                                     dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportifitas dan                                                      kejujuran**)
Indikator*)                         : Pengertian singkat tentang lari sambung
Bentuk-bentuk latihan dasar lari sambung
Mempraktikan teknik lari sambung/
Pengertian singkat tentang lompat tinggi
Tehnik dasar lompat tinggi
Mempraktikan lompat tinggi
Alokasi waktu                        : 16 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran             
a.Siswa  memahami pengertian dan sejarah singkat tentang lari estafet,lompat tinggi
b. Siswa dapat melakukan gerakan:
-latihan dasar lari sambung/ lompat jauh
-teknik lari sambung/lompat jauh
B. Materi Pembelajaran
a. Atletik
- lari
- lompat
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan, dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi,dan pemanasan
 Inti: Pertemuan l
-melakukan latihan dasar lari sambung:
cara memegang tongkat yang benar
cara memberi tongkat dan cara menerima tongkat
-mempraktikan teknik lari sambung
Pertemuan ll
-melakukan perlombaan lari sambung dengan peraturan sederhana
-mengembangkan prisip kerjasama didalam tim maupun regu
Pertemuan lll
-melakukan lompat jauh tanpa awalan
-melakukan lompat jauh dengan gerakan:
awalan
tolakan
mendarat
Pertemuan Vl
Melakukan lompat jauh dengan bergantian
Mengembangkan prestasi dengan memperbanyak latihan
Penutup: pendinginan,refleksi, memotivasi,dibhariskan,doa dan berbaris
E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 69-74
F. Penilaian
1. Tehnik penilaian :
* test unjuk kerja(psikomotor)
gerakan: lari sambung dan lompat jauh
2. Rubrik penilaian
Unjuk kerja gerak dasar atletik
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. lari sambung2. lompat jauh
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                           : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                        : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetensi               :7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran                                                    jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar                :7.1 Mempraktikan sikap hidup sehat untuk memelihara                                                    kondisi kesehatan
Indikator                               : Mempraktikan sikap pola hidup sehat
Melakukan gerakan pola hidup sehat
Alokasi waktu                       : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan pola hidup sehat
b. Siswa dapat mempraktikan pola hidup sehat
Dalam rangka memelihara kondisi kesehatan
B. Materi Pembelajaran
-pola hiduo sehat
- kebugaran
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, demonstrasi,penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, pemanasan
     Inti: Pertemuan l
-menjelaskan sikap pola hidup sehat
-mempraktikan sikap pola hidup sehat
            Pertemuan ll
-mempraktikan pola hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
     Penutup: berbaris, refleksi. Penugasan, doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 78
Buku referensi yang relevan
F. Penilaian
1. * test unjuk kerja (psikomotor)
mempraktikan : pola hidup sehat
2. Rubrik penilaian
 Unjuk kerja kebugaran
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1234
1. Praktik pola hidup sehat

Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                            : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                   : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                   : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetensi           :7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran                                                jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :7.2 Mempraktikan peregangan otot dan pelemasan                                                  persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai                                                 disiplin
Indikator                               : Melakukan gerakan peregangan otot
Melakukan gerakan pelemasan sendi
Alokasi waktu                       : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siwa dapat melakukan gerakan
- peregangan otot
- pelemasan sendi
B. Materi Pembelajaran
a. Kebugaran
peregangan otot, pelemasan sendi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, doa, presensi,apersepsi dan penugasan
Inti: Pertemuan l
- melakukan peregangan otot
- melakukan peregangan otot dengan permainan
Pertemuan ll
- melakukan pelemasan sendi
- melakukan pelemasan persendian lewat permainan
Penutup: berbaris, refleksi, memotivasi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 79
     Buku referensi yang relevan


F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
* test unjuk kerja (psikomotor)
- melakukan gerakan peregangan otot
- melakukan gerakan pelemasan sendi
2. Rubrik penilaian
Unjuk kerja kebugaran
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Lakukan gerakan peregangan2. Lakukangerakan pelemasan persendian
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                           : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                  : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetensi           :7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran                                                jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :7.3 Mempraktikan aktifitas kondisi fisik secara terencana                                                 dan sungguh-sungguh
Indikator                          : Memprogram bentuk latihan fisik
Melakukan latihan fisik
Alokasi  waktu                      : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat merencanakan program latihan fisik
b. siswa dapat melakukan program latihan fisik
B. Materi Pembelajaran
a. Program kebugaran
- latihan fisik sirkuit
- latihan fisik dengan interval
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawab, demonstrasi, latrihan,penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris,doa, presensi, apersepsi dan pemanasan
     Inti: Pertemuan l
- melakukan program latihan fisik
- melakukan latihan fisik dengan sirkuit
- melakukan bentuk permainan dengan latihan fisik
            Pertemuan ll
- melakukan latihan fisik dengan interval
- melakukan bentuk permainan dengan latihan fisik
- melakukan penilaian materi
     Pendahuluan: berbaris, refleksi, memotivasi,penugasan, doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 80-81
Buku referensi yang relevan
F. Penilaian
1. Tehnik penilaian
* Unjuk kerja (psikomotor)
lakukan program  latihan fisik:
- latihan fisik dengan sirkuit
- latihan fisik dengan interval
2. Rubrik penilaian
Unjuk kerja kebugaran
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Latihan fisik dengan sirkuit2. Latihan fisik dengan interval
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                            : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                  : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetensi           :7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran                                                 jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar              :7.4 Mempraktikan aktifitas secara berkelanjutan dalam                                                   rangka meningkatkan kebugaran, serta nilai keselamatan,                                                  disiplin dan kerja keras
Indikator                               : Program latihan daya tahan fisik
-          latihan pos berangkai
-          lari dengan jarak yang ditentukan
Alokasi wakltu                     : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan :
- latihan pos berangkai
- lari
B. Materi Pembelajaran
a. kebugaran
latihan daya tahan fisik
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyjawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, doa, presensi, apersepsi, penugasan
     Inti: Pertemuan l
- melakukan latihan fisik pos berangkai
- melakukan latihan fisik dengan bentuk permainan
Pertemuan ll
- melakukan latihan fisik lari dengan jarak tertentu
- melakukan perlombaan lari dalam bentuk permainan
- melakukan penilaian materi
Penutup: berbaris, refleksi, memotivasi, penugasan, berbaris, doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar
Buku Penjasorkes Erlangga kls Vl, hal 82
Buku referensi yang relevsn
F. Penilaian
1. Tehnik penilaian
*test unjuk kerja (psikomotor)
lakukan latihan fisik pos berangkai
lakukan latihan fisik lari
2. Rubrik penilaian
Unjuk kerja kebugaran
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. lakukan latihan pos berangkai2. lakukan latihan lari
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                            : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                  : Vl (Enam)/ (dua)
Standart Kompetensi          : 8.Mempraktikan kombinasi senam lntai dan senam                                                ketangkasan dalam bentuk sederhana, nilai-nilai yang                                                terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar              : 8.1 Memoraktikan kombinasi gerak senam lantai dan                                                    ketangkasan  dengan konsisten, control yang baik serta                                                   nilai keselamatan, disiplin dan kerjasama
Indikator                                 :  Melakukan rangkaian gerakan headstand
-          gerakan awal
-          gerakan saat melakukan
-          gerakan pada sikap akhir
Alokasi waktu                         : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
-          a. Siswa dapat nelakukan gerakan : -.Awal
Saat melakukan
Akhir
-    pada senam lantai head stand
B.  Materi pembelajaran
a.Senam
-Head stand
C.  Metode pembelajaran
Ceramah , tanya jawab , demonstrasi , latihan, dan penugasan
D.  Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
Pendahuluan    : Berbaris , Berdoa , Absensi, dan pemanasan
      Inti                   : -Pertemuan 1
Melakukan sikap awal, sikiap saat melakukan dan sikap akhir pada                                      senam lantai head stand
        -Pertemuan 2
Melakukan sikap awal, sikap saat melakukan dan sikap akhir pada                                       senam lantai head stand
Penutup            : Pendinginan, berbaris, refleksi, penugasan, berdoa, dan dibubarkan
E. Sumber belajar :
Buku Penjasorkes Erlangga Kelas VI hal. 86-87
F. Penilaian
1.Tehnik penilaian
test unjuk kerja (psikomotor):
  • rangkaian headstand
2. Rubrik penilaian
Unjuk kerja senam

Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan rangkaian gerakan headstand
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran               : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                : Vl (Enam)/ (dua)
Standart Kompetensi        : 8.Mempraktikan kombinasi senam lntai dan senam                                                 ketangkasan dalam bentuk sederhana, nilai-nilai yang                                                  terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar           : 8.2 Mempraktikan kombinasi bentuk-bentuk gerak senam lantai dan ketangkasan  dengan koordinasi, control yang baik serta nilai keselamatan, disiplin dan kerjasama
Indikator                           : Melakukan gerakan lompat kangkang dengan
- teman
- peti/box
Alokasi waktu                         : 8 x 35 menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a.Siswa dapat melakukan gerakan :
awal
saat melakukan
sikap akhir
B. Materi Pembelajaran
Lompat kangkang:
- sikap awal
- saat melakukan
- sikap akhir
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanyajawa, demonstrasi, latihan, penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, doa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti: Pertemuan l
Melakukan rangkaian gerakan: sikap awal, saat melakukan, sikap akhir
Melakukan keseluruhan gerakan lompat kangkang
Pertemuan ll
Melakukan keseluruhan lompat kangkang
Melakukan penilaian
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 88 – 90
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (psikomotor)
lakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada lompat kangkang.
2. Rubrik Penilaian :
Unjuk kerja senam
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan rangkaian gerakan lompat kangkang
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                            : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                 : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetrensi        : 9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sesderhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang tetrkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar             : 9.1 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai-nilai kerh\jasama, disiplin dan estetika.
Indikator                           : meklakukan gerakan:
-          membungkuk
-          menekuk
-          meliuk
Alokasi Waktu                        : 8 X 35 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan gerakan membungkuk, menekuk dan meliuk.
B. Materi Pembelajaran
Senam ritmik:
-          membungkuk
-          menekuk
-          meliuk
C. Metode Pmebelajaran
Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti: Pertemuan I
Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan  membungkuk dan menekuk.
Pertemuan II
Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan, sikap akhir pada gerakan membungkuk, menekuk dan meliuk.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 94 - 95
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (psikomotor)
lakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan membungkuk, menekuk dan meliuk.
2. Rubrik Penilaian :
Unjuk kerja senam
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan rangkaian gerakan ritmik  membungkuk, menekuk dan merliuk
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                            : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                 : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetrensi         : 9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sesderhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang tetrkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar             : 9.2 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu serta nilai kerjasama disiplin dan estetika.
Indikator                            : Melakukan gerakan jalan dan lompat dengan menggunakan pita yang digerakkan dengan gerakan mengayun, melingkar dan melempar.
Alokasi Waktu                    : 8 X 35 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan gerakan mengayun, melingkar dan neklempoar dengan menggunakan pita atau tali.
B. Materi Pembelajaran
Senam ritmik menggunakan alat:
-          pita
C. Metode Pmebelajaran
Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti: Pertemuan I
Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan  mengayun dan melingkar.
Pertemuan II
Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan, sikap akhir pada gerakan mengayun, melingkar dan melempar.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 96 - 97
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (psikomotor)
lakukan gerakan sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir pada gerakan nmengayun, melingkar dan melempar.
2. Rubrik Penilaian :
Unjuk kerja senam
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan rangkaian gerakan ritmik  dengan menggunakan pita: a. mengayunb. melingkarc. melempar
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin



 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                 : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetrensi         : 10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
Kompetensi Dasar             : 10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, lengan pada renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang ;lebih baik serta nilai-nilai keberanian, disiplin dan estetika.
Indikator                           : - Melakukan latihan meluncur
- Melakukan gerakan kaki, gferakan tangan dan pernafasan
Alokasi Waktu                  : 8 X 35 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan gerakan meluncur, gerakan kaki, tangan dan pernafasan.
B. Materi Pembelajaran
Renang gaya dada
C. Metode Pmebelajaran
Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti: Pertemuan I
Melakukan gerakan meluncur, tangan, kaki dan pernafasan pada renang gaya dada.
Pertemuan II
Melakukan gerakan meluncur, tangan, kaki dan pernafasan.pada renang gaya dada.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 100 - 102
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (psikomotor)
lakukan gerakan meluncur, tangan kaki dan pernafasan
2. Rubrik Penilaian :
Unjuk Kerja Renang Gaya Dada
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan gerakaa: a. meluncurb. tanganc. kaki
d. pernafasan
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin







 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                 : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetrensi         : 10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
Kompetensi Dasar             : 10.2 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air..
Indikator                           : - Etika di kolam renang
- Menjaga keselamatan di kolam renang
Alokasi Waktu                        : 8 X 35 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan cara penyelamatan di air.
B. Materi Pembelajaran
Keselamatan di air
C. Metode Pmebelajaran
Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti: Pertemuan I
Menjelaskan dan mempraktikkan tata tertib di kolam renang, mempraktikkan etika berenang.
Pertemuan II
Mempraktikkan keselamatan/cara penyelamatan di dalam air.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 103 - 104
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (psikomotor)
lakukan gerakan penyelamatan dalam air.
2. Rubrik Penilaian :
Unjuk Kerja Keselamatan dalam Air
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan gerakaan: penyelamatan dalam air.
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin







 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetrensi        : 11. Mempraktikkan aktifitas penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terjandung di dalamnya. ***)
Kompetensi Dasar            : 11.1 Mempraktikkan aktifitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana serta nilai kerjasama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.
Indikator                           : - Melakukan penjelajahan
Alokasi Waktu                  : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan dan melakukan penjelajahan..
B. Materi Pembelajaran
Penjelajahan.
C. Metode Pmebelajaran
Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti: Melaksanakan kegiatan penjelajahan.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 108
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (psikomotor)
lakukan kegiatan penjelajahan.
2. Rubrik Penilaian :
Unjuk Kerja Penjelajahan
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan kegiatan penjelajahan.
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin







 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetrensi        : 11. Mempraktikkan aktifitas penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terjandung di dalamnya. ***)
Kompetensi Dasar            : 11.2 Mempraktikkan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerjasama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.
Indikator                          : - Melakukan keghiatan perkemahan: perencanaan, perlengkapan dan pendirian tenda.
Alokasi Waktu                  : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan kegiatan perkemahan.
B. Materi Pembelajaran
Berkemah
C. Metode Pmebelajaran
Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti: Melaksanakan kegiatan perkemahan.
Penutup: berbaris, refleksi, penugasan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 109 - 111
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (psikomotor)
lakukan kegiatan perkemahan..
2. Rubrik Penilaian :
Unjuk Kerja Perkemahan
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. lakukan kegiatan perkemahan.
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin







  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran               : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester               : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetrensi       : 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar           : 12.1 Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba.
Indikator                          : - Menjelaskan cara menolak ajakan menggunakan narkoba.
- Cara menolak ajakan menggunakan narkoba
Alokasi Waktu                        : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan penolakan ajakan menggunakan narkoba.
B. Materi Pembelajaran
Narkoba
C. Metode Pmebelajaran
Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berdoa, presensi dan apersepsi.
Inti: Menjelaskan bahaya penyalahgunaan narkoba.
Penutup: penguatan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 114 -115
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (test teori)
sebutkan cara penolakan ajakan menggunakan narkoba.
2. Rubrik Penilaian :
Tets Teori
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1. sebutkan cara penolakan ajakan menggunakan narkoba.
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                          : SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                : Vl (Enam)/ (dua)
Standar Kompetrensi       : 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar            : 12.2 Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual.
Indikator                          :    -     Menjelaskan cara menolak pelecehan seksual
-          Menghindari dari peklecehan seksual
-          Menolak perlakuan pelecehan seksual
Alokasi Waktu                        : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan dan melakukan penolakan perlakuan pelecehan seksual
B. Materi Pembelajaran
Pola Hidup Sehat: Pelecehan Seksual
C. Metode Pmebelajaran
Ceramah, tranya jawab, demonstrasi, latihan dan penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan: berdoa, presensi dan apersepsi.
Inti: Menjelaskan pola ghidup sehat dan perbuatan/perlakuan pelecehan seksual.
Penutup: penguatan,doa dan dibubarkan
E. Sumber Belajar :
Buku Pejasorkes Erlangga Kelas VI halaman 116 - 117
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
*) test unjuk kerja (test teori)
sebutkan dan jelaskan cara penolakan perlakuan pelecehan seksual..
2. Rubrik Penilaian :
Tets Teori
Aspek yang dinilai
Kualitas grerak
1
2
3
4
1.   sebutkan dan jelaskan cara penolakan perlakuan pelecehan seksual.
Jumlah:
Jumlah skor maksimal:
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin

RPP Penjaskes Semester II Kelas V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  6.      Mempraktekkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  6.2.   Mempraktekkan variasi gerak dasar kedalam modifikasi salah satu permainan bola kecil serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran
Indikator                           :  Melakukan gerakan :
-          Melambungkan bola kemudian menangkap
-          Melempar dan menangkap
-          Memukul kemudian lari berbagai arah
-          Bermain rounders
Alokasi                              :  8 x 35 menit (4x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan:
-          Melambungkan bola kemudian menangkap
-          Melempar dan menangkap
-          Memukul kemudian lari berbagai arah
B.     Materi Pembelajaran
a.       Rounders
-          Melambungkan bola kemudian menangkap
-          Melempar dan menangkap
-          Memukul kemudian lari berbagai arah
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan melambungkan bola keatas kemudian ditangkap kembali
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.      Pertemuan 2
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan melempar dan menangkap bola dari berbagai arah secara beregu
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3.     Pertemuan 3
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan memukul bola kemudian lari berbagai arah secara beregu.
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4.      Pertemuan 4
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan melambungkan bola keatas kemudian ditangkap kembali
-          Mempraktekkan melempar dan menangkap bola dari berbagai arah secara beregu
-          Mempraktekkan memukul bola kemudian lari dari berbagai arah secara beregu
-          Bermain rounders
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku Referensi
-          Tim Abdi Guru
F.     Teknik Penilaian
1.      Teknik penilaian.
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
-          Melambungkan bola kemudian menangkap.
-          Melempar dan menangkap.
-          Memukul kemudian lari bebagai arah
-          Bermain rounders
2.      Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN ROUNDERS
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Melambungkan bola kemudian menangkap2. Melempar dan menangkap
3. Memukul kemudian lari berbagai arah
4. Bermain Rounders
    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria   
             Elisabeth Tarigan, SFD




Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  6.      Mempraktekkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  6.3.   Mempraktekkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin **)
Indikator                           :  Melakukan gerakan :
-          Berlari
-          Lompat
-          Lari dan lompat
Alokasi                              : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Berlari
-          Lompat
-          Lari dan lompat
B.     Materi Pembelajaran
a.       Atletik
-          Berlari
-          Lompat
-          Lari dan lompat
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melompat
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.      Pertemuan 2
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Melakukan gerakan lompatan tanpa awalan
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3.      Pertemuan 3
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Melakukan gerakan lari dan melompat
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4.      Pertemuan 4
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melompat
-          Melakukan gerakan lompatan tanpa awalan
-          Melakukan gerakan lari dan lompat
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Atletik.
F.     Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
-          Berlari
-          Lompat
-          Lari dan lompat
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA GERAK DASAR ATLETIK
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Berlari2. Lompat
3. Lari dan lompat
    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD


Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  7.      Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  7.1.   Mempraktekkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah
Indikator                           :  Melakukan gerakan :
-          Otot lengan, otot perut dan otot pinggang
Alokasi                              : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan :
-          Otot lengan, otot perut, otot pinggang, dan tarik tambang
B.     Materi Pembelajaran
a.       Permainan
-          Otot lengan, otot perut, otot pinggang dan tarik tambang
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Latihan gerakan otot lengan
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.      Pertemuan 2
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Latihan gerakan otot perut
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3.      Pertemuan 3
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Latihan gerakan otot pinggang
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4.      Pertemuan 4
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Tarik tambang dan kelincahan
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Atletik
F.     Penilaian
1.      Teknik penilaian:
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan
-          Kombinasi jalan lari dan lompat
2.      Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KEBUGARAN
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Jalan2. Lari
3. Lompat
4. Kombinasi jalan, lari dan lompat
    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  7.      Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  7.2.   Mempraktekkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat
Indikator                           :  Melakukan gerakan :
-          Jalan
-          Lari
-          Lompat
Alokasi                              : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Jalan
-          Lompat
Dengan berbagai variasi / sirkuit / pos
B.     Materi Pembelajaran
a.       Permainan
-          Jalan
-          Lari dan
-          Lompat
Dengan berbagai variasi / sirkuit / pos
C.    Materi Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Sikap awal, saat melakukan dan sikap akhir melakukan lompat tali
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.      Pertemuan 2
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melakukan sirkuit lari belak-belok
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3.      Pertemuan 3
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melakukan lari zig-zag
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4.      Pertemuan 4
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Sikap awal saat melakukan dan sikap akhir melakukan sirkuit jalan, lari dan lompat tali
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Atletik
F.     Penilaian
1. Teknik penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan
-          Jalan
-          Lari dan
-          Lompat dengan sirkuit
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KEBUGARAN
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Jalan2. Lari dan
3. Lompat
Dengan sirkuit
    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  8.      Mempraktekkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  8.1.   Mempraktekkan sebuah rangkaian senam ketangkasan
Indikator                           :  Melakukan gerakan :
-          Rangkaian guling depan dan guling belakang
Alokasi                              : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran.
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Rangkaian guling depan dan guling kebelakang dan sikap lilin
B.     Materi Pembelajaran
a.       Senam
-          Rangkaian guling depan, guling belakang dan sikap lilin
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan gerakan guling depan, guling belakang dan sikap lilin
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.      Pertemuan 2
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan rangkaian gerakan guling depan, guling belakang dan headstand
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Senam
F.     Penilaian
1.      Teknik penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan
Rangkaian guling depan dan guling belakang
2.      Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Rangkaian guling depan dan guling belakang    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  8.      Mempraktekkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  8.2.   Mempraktekkan bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik
Indikator                           :  Melakukan gerakan :
-          Rangkaian guling depan dan guling belakang dengan berbagai variasi
Alokasi                              : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Rangkaian guling depan dan belakang dengan berbagai variasi
B.     Materi Pembelajaran
a.       Senam
-          Rangkaian guling depan dan belakang dengan berbagai variasi
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan.
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan rangkaian gerakan guling depan, guling belakang dan berbagai posisi
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.      Pertemuan 2
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan rangkaian gerakan guling depan, guling belakang dari berbagai posisi
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Senam
F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian.
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
-          Rangkaian guling depan dan guling belakang dengan berbagai variasi
2.      Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Rangkaian guling depan dan guling kebelakang dengan berbagai variasi    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  9.      Mempraktekkan gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  9.1.   Mempraktekkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk liuk, memutar, dan gerak berirama serta nilai kerjasama, percaya diri dan disiplin
Indikator                           :  Melakukan gerakan
-          Mengayun
-          Melangkah maju mundur
-          Meliukan badan
-          Memutar badan
Alokasi                              : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Mengayun
-          Melangkah maju mundur
-          Meliukan badan
-          Memutar badan
B.     Materi Pembelajaran
a.       Gerak berirama
-          Mengayun
-          Melangkah maju mundur
-          Meliukkan badan
-          Memutar badan
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan kombinasi pola gerak mengayun, dan menarik
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.      Pertemuan 2
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan pola gerak menekuk liuk, memutar dan gerak berirama
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Renang
F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
-          Mengayun
-          Menarik
-          Menekuk
-          Menekuk liuk
-          Memutar
2.     Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Mengayun2. Menarik
3. Menekuk
4. Menekuk liuk
5. Memutar
    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  9.      Mempraktekkan gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  9.2.   Mempraktekkan satu pola gerak berirama berstruktur dengan konsisten serta nilai kerjasama, percaya diri dan disiplin
Indikator                           :  Melakukan gerakan
-          Pola gerak berirama
-          Senam Irama
-          SIS
Alokasi                              : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Pola gerak berirama
-          Senam Irama
-          SIS
B.     Materi Pembelajaran
a.       Senam SIS
-          Pola gerak berirama
-          Senam irama
-          SIS
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan pola gerak berirama
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.      Pertemuan 2
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan pola gerak berirama, senam irama dan SIS
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Senam
F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Tes teori (psikomotor)
Gerakan
-          Gerak berirama
-          Senam
-          SIS
2.      Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM SIS
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Pola Gerak berirama2. Senam irama
3. SIS
    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  10.    Mempraktekkan gerak dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  10.1. Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung serta nilai keberanian dan percaya diri
Indikator                           :  Melakukan gerakan
-          Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Alokasi                              : 4 x 35 menit (2x pertemuan)

A.       Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
B.     Materi Pembelajaran
a.       Renang
-          Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.  Pertemuan 2.
Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Renang
F.     Penilaian
1.      Teknik penilaian
Tes Unjuk kerja (psikomotor
Gerakan
-          Teknik gerakan lengan
-          Gerakan tungkai
-          Gerakan lengan renang gaya punggung
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA RENANG
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Teknik gerakan lengan2. Renang    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 

Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  10.    Mempraktekkan gerak dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar             :  10.2. Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Indikator                           :  Melakukan gerakan
-          Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Alokasi                              : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A.       Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
-          Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
B.        Materi Pembelajaran
a.       Renang
-          Kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Demonstrasi
-          Penugasan
-          Latihan
-          Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
-          Mempraktekkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2.Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai dan lengan
Penutup
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.    Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Buku referensi
-          Tim Abdi Guru
-          Renang
F.     Penilaian
  1. Teknik Penilaian
Tes unjuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
-          Meluncur
-          Gerakan tungkai
-          Gerakan lengan renang gaya punggung
  1. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA RENANG
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Meluncur2. Gerakan tungkai
3. Gerakan lengan renang gaya punggung
    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  11.    Mempraktekkan penjelajahan sekitar sekolah dan nilia-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar             :  11.1. Mempraktekkan pembuatan rencana penjelajahan
Indikator                           :  Menjelaskan
- Penyusunan rencana penjelajahan
Alokasi                              : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat
- Menyusun rencana penjelajahan
B.     Materi Pembelajaran
a.       Penjelajahan
- Penyusunan rencana penjelajahan
C.    Metode Pembelajaran
- Ceramah.
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Menyusun rencana kegiatan penjelajahan
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
E.     Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Penjelajahan
F.     Teknik Penilaian
Teknik Penilaian
Tes teori
- Penyusunan rencana penjelajahan
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEORI
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Penyusunan rencana penjelajahan    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  11.    Mempraktekkan penjelajahan sekitar sekolah dan nilia-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar             :  11.2. Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah
Indikator                           :  Melakukan
- Perjalanan beregu
Alokasi                              : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan gerakan
- Perjalanan beregu
B.     Materi Pembelajaran
a.       Berkemah
- Perjalanan beregu
C.    Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstran
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan penjelajahan di perkampungan secara beregu di lingkungan sekolah
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.     Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Berjelajah
F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Tes teori
- Penyusunan rencana penjelajahan
2.   Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA BERKEMAH
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Perjalanan Beregu    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  12.    Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar             :  12.1. Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan
Indikator                           :  Menjelaskan:
- Bahaya merokok bagi kesehatan
Alokasi                              : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat menjelaskan
- Bahaya merokok bagi kesehatan
B.     Materi Pembelajaran
a.       Kesehatan
- Bahaya merokok bagi kesehatan
C.    Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Penjelasan tentang bahaya merokok bagi kesehatan
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
E.     Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Kesehatan
F.     Penilaian
Teknik Penilaian
Tes Teori
Bahaya merokok bagi kesehatan
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA BUDAYA HIDUP SEHAT
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Bahaya merokok bagi kesehatan    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             :  SDK Santa Maria
Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester                :  V (lima)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi         :  12.    Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar             :  12.2. Mengenal bahaya minuman keras
Indikator                           :  Menjelaskan:
- Bahaya minuman keras
Alokasi                              : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat menjelaskan
- Bahaya minuman keras
B.     Materi Pembelajaran
a.       Kesehatan
- Bahaya minuman keras
C.    Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Menjelaskan bahaya minuman keras
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
E.     Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Kesehatan
F.     Penilaian
Teknik Penilaian
Tes Teori
Bahaya Minuman keras
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA BUDAYA HIDUP SEHAT
ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
1. Bahaya Minuman Keras    
JUMLAH
 
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 
Mengetahui,
Kepala SDK Santa Maria
Elisabeth Tarigan, SFD
Guru Mata Pelajaran
Efrinando Shoublin

http://google.com